Monday, May 30, 2011

HEWAN PUN SUKA PINDAH-PINDAH

Kita pasti pernah nonton kan di televisi ada hewan yang jumlahnya bisa mencapai ratusan hingga ribuan yang berjalan beriringan pergi dari satu daerah ke daerah yang lain. Mereka berjalan bergerombol melintasi padang rumput dan sungai atau ikan-ikan berenang beriringan melintasi samudra yang jaraknya sampai ribuan kilometer. Namun, yang sering dijumpai di daerah kita adalah burung-burung yang terbang secara bergerombol.
Selama ini kita mengenal kata migrasi untuk proses perpindahan penduduk ke tempat lain. Namun, ternyata hewan pun bermigrasi juga. Akan tetapi, mereka pun akan kembali lagi ke tempat semula. Ketika hewan bermigrasi, mereka sering melakukannya secara besar-besaran atau berkelompok.
Tujuannya adalah mencari sumber makanan baru untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, juga untuk berkembang biak. Sebagai penunjuk arah, hewan-hewan ini menggunakan tanda-tanda alam, misalnya matahari, arah angin, dan arus laut.
Hewan-hewan biasanya menggunakan rute yang sama dari tahun ke tahun dan hebatnya mereka tak pernah tersesat. Meskipun rute yang dilintasi sangat jauh. Burung, kelelawar, dan serangga terbang dalam jangkauan jarak yang panjang, kadang-kadang melampaui seluruh benua atau lautan. Hewan yang berenang sering kali bermigrasi hampir meliputi jarak setengah dari seluruh dunia.
Gerakan berpindah hewan biasanya terkait dengan perubahan musim. Banyak hewan bermigrasi ke daerah utara selama bulan-bulan dalam musim panas. Karena pada musim panas yang panjang di bagian paling utara dunia dapat menjamin pemberian pasokan makanan yang baik. Seperti pada pendekatan ramalan cuaca musim gugur dan dingin, banyak hewan bermigrasi ke selatan untuk mencari cuaca yang hangat pada musim dingin dan tersedianya makanan.

No comments:

Post a Comment